Sehat berkat air kelapa

Sehat berkat air kelapa ini sudah dikenal sejak lama, Mengapa demikian? karena air buah kelapa mengandung makronutrien dan mikronutrien. Mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak, Sedangkan mikronutriennya berupa mineral dan vitamin.

Mineral yang terdapat pada air buah kelapa antara lain kalsium, kalium, fosfor, natrium, magnesium dan zinc. Untuk kandungan vitaminnya meliputi B3, B5, B6, Dan vitamin C.

Dokter Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, spesialis ahli gizi mengatakan bahwa kandungan air kelapa mengandung fungsi untuk meningkatkan imunitas. Menurutnya air kelapa berisi 94 persen terdiri dari air, 5 persen karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa, 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak. Dari sisi mikronutrien, kandungan yang sangat menonjol pada air kelapa, adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. Berikut adalah manfaat air kelapa :

Pertama, bermanfaat memperbaiki sistem imun.  “Kita tahu B9 itu kita kenal sebagai Folat. Ternyata Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan,” katanya.   Menurutnya vitamin B6 yang ada dalam air kelapa ini memiliki banyak manfaat bagi sistem imun. Maka kemungkinan besar jika mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B.

Sehat berkat air kelapa

Jadi anda yang suka Kuliner sambil Traveling jangan lupa minumnya air kelapa, Atau Es Degan , Apalagi yang sedang beraktifitas disiang hari yang panas Air kelapa ini terkenal bisa mencegah Dehidrasi. Dan dibawah ini akan anda ketahui manfaat sehat lainnya dari air kelapa ini.

Manfaat sehat air kelapa

1. Mengandung asam amino, yang mana manfaat air kelapa ini setara dengan susu sapi.
2. Mengandung vitamin C dan kolagen, Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan, pemeliharaan kulit, dan membantu pembentukan kolagen.
3. Mengandung cairan Isotonik, Yaitu serupa dengan komposisi elektrolit yang bisa mengurangi efek Dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh.


4. Berfungsi sebagai antidotum yaitu penawar zat - zat tertentu atau penawar racun, Dan bisa digunakan untuk mengencerkan kadar minuman keras.
5. Air kelapa juga bersifat Diuretik dan bisa membantu mengeluarkan batu ginjal yang ukurannya tidak lebih besar dari saluran kencing.
6. Membantu menurunkan panas/ Demam penderita demam berdarah, Air kelapa ini digunakan untuk menjaga cairan tubuh pasien dengan cara diminum atau dengan infus.

Itulah beberapa manfaat sehat berkat air kelapa.

Comments

Popular Posts